Jumat, 20 April 2012

ubah cara pandang !

kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana menyikapi perasaan curiga terhadap pasangan melalui tulisan ini. tapi mungkin akan lebih kepandangan sebagai cewek. karena saya cewek tentunya.

dalam menjalin sebuah hubungan kita pasti ingin yang terbaik dari pasangan kita. kita ingin mencari yang terbaik untuk menjadi teman berbagi masa tua kelak. kadang hal ini yang membuat kita lebih selektif dalam memilih, atau saat kita berfikir sudah mendapat pasangan yang tepat, kita akan lebih protektif menjaga pasangan kita agar tidak pergi meninggalkan kita.

nah, kadang karena rasa takut kehilangan ini, kita cenderung over protektif terhadap pasangan, khususnya para cewek. karena sikap yang over protektif ini, muncul aturan yang mengharuskan kita untuk melapor ke pasangan kita sendiri setiap berganti kegiatan. setiap saat harus memberi tau kabar dan posisi kita lagi dimana. tiap 5 menit sekali muncul sms "aku baru bangun syg", "aku mandi dulu yahh", "ini lagi ganti baju syg", "berangkat dulu yahh", "aku masuk kelas dulu yah syg", "ini aku lagi belajar syg", "dosenku lagi ngupil di depan nih syg", " aku udah keluar kelas nih", "aku lagi jalan ke kantin", "ini lagi pesan ayam goreng", "lagi nunggu pesanan datang" dan blablabla sebagainya sampai malam tiba, dan besok paginya berulang seperti itu lagi.

dan jika suatu saat ternyata sms kamu tidak di balas dalam jangka waktu 15 menit, kamu akan curiga terhadap pasangan kamu kalau si doi lagi make affair sama yang lain. atau kamu merasa sudah tidak di sayang lagi karena lama membalas sms mu. padahal keyataannya, si doi lagi tidur, atau lagi kehabisan pulsa, atau HPnya lagi di pinjam sama temannya.

kasus lain yang muncul dari sikap over protektif misalnya seperti ini, suatu saat ternyata kamu mendengar gosip kalau si doi lagi dekat sama si A, terus setiap kamu lihat si doi berdekatan dengan si A kamu langsung cemburu, terus karena kamu nggak suka, kamu jadi ngelarang si doi untuk berdekatan dengan si A. ujung-ujungnya kamu akan ngelarang si doi untuk berdekatan dengan orang kamu cemburui hingga akhirnya kamu akan membatasi ruang pertemanan si doi.

sebenarnya sikap-sikap seperti itulah yang justru membuat pasangan kamu pergi meninggalkan kamu. manusia adalah mahluk bebas. tidak ada satu orang pun yang suka jika di kekang. tiap menit harus laporan sedang apa dan lagi dimana, itu justru akan lebih membuatmu terlihat seperti seorang security. dan kamu bukanlah seorang security yang harus ditempati melapor 1x24 jam. kamu adalah pasangannya bukan satpamnya. peduli sih peduli, sayang sih sayang. tapi rasa peduli dan sayang tidak harus dengan menuntut ingin tau semua kegiatan pasangan kamu. kadang seseorang juga butuh waktu untuk sendiri.

manusia adalah mahluk sosial. melarangnya untuk berteman dengan orang lain hanya karena kamu tidak menyukainya sama halnya membunuh hak asasi manusia. hidup pasangan kamu bukan hanya tentang kamu. cukup percayai si doi. si doi pasti akan menjaga kepercayaan itu.

dan khusus untuk cewek, pada dasarnya cowok mempunyai kecenderungan untuk mendua. cowok akan selalu berusaha mencari yang terbaik buat dirinya. kita cukup percaya, tohh, kalau memang selama ini dia selalu jujur sama kamu, buat apa curiga? sebagai cewek, kita hanya perlu membuatnya setia, cukup dengan perlakukan dia sebagaimana selayaknya kekasih diperlakukan. bukan sebagai tahanan yang harus di jaga 24jam atau seperti orang gila yang harus di jauhkan dari siapapun.

lain halnya jika pasangan kamu memang sering bohong sama kamu, pasangan yang sering bohong buat apa di pertahankan??

cukup percaya, lakukan yang terbaik buat dia, selalu ada untuknya, dan biarkan dia menjaga kepercayaanmu. toh kalau memang pasangan kamu berfikir dewasa, dia tidak akan meninggalkan mu yang selalu ada untuknya di setiap kondisi. tapi kalau memang ujung-ujungnya pasangan kamu meninggalkan kamu, walau kau selalu ada untuknya artinya dia memang bukan pasangan yang tepat untukmu :)

*semua hal di atas cuma berdasarkan pengamatan*

2 komentar: